Tokoh Nasional Pendiri Koperasi Di Indonesia

Sebagai Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta acap kali dianggap pula sebagai pendiri koperasi di negeri ini. Namun faktanya, hal tersebut tidak tepat. Sosok wakil presiden pertama sekaligus aktivis vokal kemerdekaan Indonesia ini dianugerahi gelar sebagai Bapak Koperasi berkat dedikasinya terhadap kemajuan koperasi di Indonesia. Mulai dari keterlibatan langsung dalam manajemen hingga berbagai upaya sosialisasi keberadaan koperasi melalui buku-buku yang ditulis serta seminar yang digelar, Bung Hatta meraih julukan kehormatan tersebut. Dalam salah satu bukunya sendiri, Bung Hatta mengulas sejarah dari cikal bakal koperasi yang rupanya merupakan warisan dari Belanda pada masa-masa akhir penjajahan di mana masyarakat negeri kincir angin itupun banyak yang mulai jengah akan arogansi serta kesewenangan VOC terhadap pribumi.

pendiri koperasi
Pendiri koperasi tepatnya adalah De Wolf Van Westerrode, seorang warga Belanda yang memperjuangkan nasib para petani di wilayah tempatnya tinggal kala itu, yakni Purwokerto, dengan nama Hulp-en Spaarkbank. Konsep yang diusungnya mirip dengan bank yang masa itu telah menjadi sesuatu yang umum di Belanda, namun masih sangat asing di Indonesia. Tetapi dia menggunakan metode simpan pinjam dana yang lebih ramah, yakni dengan sistem baster, di mana masyarakat Indonesia belum cukup familiar dengan adanya mata uang sebagai alat pembayaran yang sah. Namanya kemudian berubah menjadi Poerwokertosche Hulp guna menonjolkan daerah Purwokerto yang menjadi domisili mereka.

Berkat jasa sang pendiri koperasi tersebut, ditambah dengan keterlibatan Bung Hatta, koperasi pun berkembang pesat hingga ke seluruh penjuru Indonesia, disusul kemudian dengan berdirinya bank-bank di negeri ini. Meski demikian, konsep koperasi tetap tidak berubah, yakni menawarkan dana pinjaman kepada yang membutuhkan dengan bunga yang sangat kecil, bahkan tidak mengambil bunga pinjaman sama sekali bila melalui koperasi syariah yang kini juga mulai banyak ditemui di berbagai sudut nusantara. Tidak dapat dipungkiri bahwa koperasi pun memegang peranan penting dalam proses memajukan perekonomian Indonesia hingga berkembang sepesat dan sekokoh ini sekarang. Perjuangan koperasi telah turut membantu mengentaskan kemiskinan rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *