Koperasi Adalah Instasni Kerja Sama

Koperasi mungkin bukan lagi kata yang asing didengar dalam keseharian kita. Gedung-gedung Koperasi sendiri mudah ditemui di sepanjang jalan yang dilalui dan tersebar merata di setiap daerah di Indonesia. Tetapi, apakah kita sudah memahami dengan benar definisi dari Koperasi? Mungkin saja tidak. Karena mayoritas rakyat Indonesia masih menganggap Koperasi memiliki arti serta fungsi yang sama dengan bank. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Jadi, Koperasi adalah berasal dari kata “Co” dan “Operation” yang mana masing-masing memiliki arti “Bersama” dan “Bekerja”. Dengan kata lain, Koperasi merupakan sebuah instansi yang mengusung konsep kerja sama antar semua pihak.

koperasi adalah

Sedangkan beberapa ahli memiliki definisi yang lebih mendetail perihal Koperasi yang layak untuk disimak dan dipahami. Berikut ini merupakan arti dari Koperasi menurut lembaga-lembaga maupun para ahli :

• Menurut Organisasi Buruh Dunia, Koperasi adalah sebuah organisasi yang dibentuk atas kesadaran bersama dengan latar belakang usaha untuk meningkatkan kemampuan perekonomian di mana semua pihak menyumbangkan modal sama besar, pun membagi keuntungan dan resiko usaha secara merata.
• Sedangkan Bapak Muhammad Hatta, Wakil Presiden Pertama sekaligus Bapak Koperasi Indonesia, Koperasi merupakan kelompok tolong menolong dalam mengatasi permasalahan perekonomian bersama dengan konsep “dari anggota untuk anggota” di mana para member berperan sama besar di dalam kelangsungan Koperasi maupun menerima bantuan setara di kemudian hari.
• Oleh Hanel, Koperasi didefinisikan sebagai sebuah sistem perekonomian untuk meraih tujuan yang sama.
Dengan memahami penjelasan-penjelasan dari para ahli maupun instansi terkait di atas, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya Koperasi adalah sebuah badan usaha keuangan yang didirikan dengan asas kekeluargaan namun tetap memiliki hukum resmi sesuai dengan peraturan negara perihal lembaga pengelolaan finansial publik. Dengan kata lain, koperasi pun memiliki sistem yang lebih ramah pula dibandingkan dengan peraturan yang berlaku di bank dalam persoalan peminjaman dana terhadap nasabah, di mana memungkinkan pula untuk memberikan talangan dengan bunga rendah dan jumlah nominal yang lebih bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *